Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Puisi

Pengertian Puisi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia yaitu :
(1) ragam sastra yg bahasanya terikat oleh irama, matra, rima, serta penyusunan larik dan bait; Pengertian puisi yang kedua (masih menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu :
(2) gubahan dlm bahasa yg bentuknya dipilih dan ditata secara cermat sehingga mempertajam kesadaran orang akan pengalaman dan membangkitkan tanggapan khusus lewat penataan bunyi, irama, dan makna khusus; 
(3) sajak.

Pengertian puisi yang lain bisa kita lihat disini yaitu pengertian puisi menurut Putu Arya Tirtawirya (1980:9) mengatakan bahwa "puisi merupakan ungkapan secara implisit dan samar, dengan makna yang tersirat, di mana kata-katanya condong pada makna konotatif". Seperti yang kita ketahui secara umum memang lah demikian keadaannnya, puisi selalu mengandung unsur-unsur implisit dan samar, mengetengahkan makna yang tersembunyi dan kata-kata yang di gunakan kebanyakan bersifat konotatif.

Pengertian puisi selanjutnya yaitu menurut Herman J. Waluyo mendefinisikan bahwa "puisi adalah bentuk karya sastra yang mengungkapkan pikiran dan perasaan penyair secara imajinatif dan disusun dengan mengonsentrasikan semua kekuatan bahasa dengan pengonsentrasian struktur fisik dan struktur batinnya". Dalam perjalanannya, beberapa puisi karangan penyair terkenal adalah merupakan luapan emosi yang di alaminya yang di susun sedemikian rupa oleh si penyair, jadi sangat wajarlah jika kemudian Herman J. Waluyo memaparkan pengertian puisi seperti definisi diatas.

Masih cukup banyak pendapat-pendapat lain yang berkenaan dengan pengertian puisi, misalnya pengertian puisi menurut Watt-Dunton (Situmorang, 1980:9) mengatakan bahwa "puisi adalah ekpresi yang kongkret dan yang bersifat artistik dari pikiran manusia dalam bahasa emosional dan berirama". Namun sebenarnya dari pengertian puisi menurut ketiga sumber diatas sudah sangat jelas apa dan bagaimana pengertian puisi yang sesungguhnya!

Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : macam-macam puisi, definisi puisi, pengertian puisi menurut para ahli, pengertian puisi modern