Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Bebas "Aksi Surat Gila"

Terkadang bagus juga jika kita pernah berpikir untuk mengarang puisi bebas. Puisi bebas tidak terikat dengan aturan-aturan baku tentang cara sebuah penulisan.Puisi bebas bisa bertemakan apa saja. Puisi bebas tidak dibatasi oleh bait ataupun rima. Puisi bebas juga tidak terikat dengan jumlah paragraf dalam satu kalimat. Dalam membuat sebuah puisi bebas, pengarang benar-benar dibebaskan dari segala keterikatan unsur-unsur pembentuk sebuah puisi.

Biasanya tema-tema yang diangkat dalam puisi bebas adalah tema-tema yang masih berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dalam masyarakat. Misalnya tema-tema yang berhubungan dengan kehidupan sosial, tema tentang cinta, tentang kritik politik terhadap sebuah pemerintahan dan sebagainya. Bisa jadi puisi bebas ini semakin berkembang, mengingat cara penulisan dan metodenya yang sangat fleksibel dan cenderung bebas sesuai dengan namanya.

Aksi Surat Gila Dari Seorang Berperut Kosong

Ketika mimpi tak pernah menjadi nyata. Pertarungan dalam bathin kan slalu ada. Ternyata perubahan belum begitu terasa. Terkadang kita kita bangga dengan apa yang ada pada diri sendiri namun terkadang kita pun mencelanya dengan serta merta.

Butuh sesuatu yang lebih untuk merubah jalan terjal menjadi nyaman tuk dilewati.

Ketika letih dengan pola hidup ini yang cenderung statis dan mengarah pada kemerosotan. Bebas ungkapkan rasa pada semua orang. Tapi tetap saja hidup tak ada ubahnya. Masih saja mikirin idealisme, lifestyle, hidup teratur jauh dari dosa.
kategori : puisi bebas
Apa sich yang kau punya selain hasrat mu ingin memiliki segalanya. Tak bisakah kau beranjak untuk sejenak dan melihat ke belakang. Disana terdapat beberapa orang dengan topi putih di kepalanya.  Wanita yang tidak lagi memikirkan bonekanya disaat bangun tidur. Pak tua yang lupa menaruh cerutu besar di saku celananya. Pun Teriakan copet dipasar-pasar saat hujan menerpa pabrik-pabrik dengan nama besarnya di sudut kota kecil itu.
kategori puisi bebas
Mungkin saja aksi surat gila terbiasa dilakukan dengan merobek kerongkongan tuan-tuan yang cuma tertawa disaat menebas hidup kami. Jangan sampai kami menghilang untuk menempuh beribu rumah diatas tebing. Jangan pula kau rayu tubuh semrawut ditiap-tiap ikatan yang dapat terlepas jika di injak keras.
kategori : puisi bebas
Bukankah dia tahu setiap lepasan yang di berikan dapat disaksikan oleh kerumunan larva yang selalu siap berubah jadi monster kapan saja. Kau saja yang tidak sanggup menatap raut didepan tembok yang kau sebut ratapan itu. Darimana dia dapat, menanam saja dia enggan. Kenapa mesti heran! Disini bisa saja terjadi sesuatu yang tidak jelas seperti deretan kalimat panjang yang tidak ada artinya ini.

Sebenarnya puisi bebas ini sudah sangat lama dibikinnya, mungkin diawal november 2006. Saya sendiri masih sering tersenyum-senyum ketika mengingatnya. Puisi yang dibikin dalam keadaan perut kosong, tumpukan frustasi karena tidak dapat kerja, ditambah lagi dengan seabrek masalah yang serasa menggunung gak ada penyelesaiannya. Lantas ketika corat-coret selembar kertas, lahirlah puisi bebas ini. Kenapa saya menyebutnya puisi bebas? Ya anda bisa lihat sendiri, kata-katanya tak beraturan, kadang antar satu kalimat tidak adas sangkut pautnya, makna yang di suguhkan juga ngalur ngidul. Mungkin lebih tepatnya disebut "puisi amburadul" ketimbang puisi bebas, hehehe..... PEACE.

Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : contoh puisi bebas, puisi bebas, kumpulan puisi bebas, menulis puisi bebas