Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Modern

Dengan Puisi terkadang kita mampu mengekspresikan perasaan yang kita alami. Puisi modern saat ini telah mengalami banyak sekali perkembangan dan semakin menarik untuk di telusuri, tentunya dalam puisi modern saat ini tidak terlepas dari pengaruh puisi-puisi lama. Puisi modern mampu membuat kita terlena dan terbawa arus kata-kata yang memikat jiwa. Puisi yang indah tentunya tidak terlahir begitu saja, tapi merupakan hasil imajinasi sang pengarang itu sendiri.

Ide-ide yang di suguhkan dalam puisi modern juga sangat beragam. Kalau pada zaman pergerakan kemerdekaan dahulu, tema-tema yang diusung sangat melekat dengan gerakan-gerakan merebut dan mempertahankan kemerdekaan. Berbeda dengan puisi modern yang berkembang saat ini, tema-tema dalam puisi modern lebih kompleks. Tema dalam puisi modern bisa berupa kritik sosial, emansipasi wanita, persamaan hak, kritik politik, dan masih banyak lagi tema-tema yang berkembang dalam puisi modern. Tentunya tema cinta juga tidak lepas dalam puisi modern saat ini.

Dibandingkan dengan puisi lama, puisi modern lebih mengalami perkembangan yang cukup berarti, hal ini tidak lepas dari kebebasan alam demokrasi yang di anut negara ini. Ya meskipun kata sebagian orang, demokrasi kita sedang mengalami kemandekan yang "kolot". Tapi paling tidak, dengan kebebasan berkespresi yang lebih longgar, diharapkan karya sastra ini (red, puisi modern) bisa memberikan sumbangsih pada kehidupan bernegara, meskipun cuma sekedar kritikan-kritikan "bumbu dapur" di alam demokrasi.

Hampir tidak ada perbedaan antara puisi lama dan puisi modern dalam hal makna yang di suguhkan. Kekuatan makna kata yang disuguhkan baik dalam puisi modern maupun puisi lama masih menjadi daya tarik tersendiri bagi penikmat karya seni yang satu ini. Keduanya (puisi lama dan puisi modern ) menjadikan dirinya sebagai alternatif bagi kritikus yang peduli dengan nasib bangsa ini. Betapa tidak, dengan karya sastra mereka mampu menunjukkan "kebobrokan raja-raja" yang berkuasa di negeri ini. Semoga dengan eksisnya puisi modern, ada sumbangsih tersendiri bagi tatanan kehidupan bangsa ini.

Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : contoh puisi modern, kumpulan puisi modern, pengertian puisi modern, puisi modern indonesia, puisi cinta modern, ciri ciri puisi modern, puisi bali modern, macam macam puisi modern, contoh puisi modern indonesia, puisi jawa modern, puisi arab modern, puisi bahasa bali modern.