Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Semangat "Chairil Anwar"

Puisi semangat memberi kekuatan baru pada rasa keputusasaan yang melanda. Keletihan fisik apalagi keletihan psikis akan sangat mengganggu konsentrasi kita dalam menjalani hari-hari kedepannya. Puisi semangat bertujuan mengembalikan lagi kekuatan diri yang melemah dan luntur dikarenakan sebab tertentu. Puisi semangat mencoba merangkai kembali kemampuan-kemampuan diri yang menurun.

Puisi semangat ini bisa dijumpai pada saat diawal-awal kemerdekaan, simaklah puisi-puisi Chairil Anwar misalanya. Pengalaman hidup dan gejolak sosial-politik-budaya telah mewarnai karya sastrawan Angkatan '45. Karya sastra angkatan ini lebih realistik dibanding karya Angkatan Pujangga baru yang romantik-idealistik.

Karya-karya sastra pada angkatan ini banyak bercerita tentang perjuangan merebut kemerdekaan seperti halnya puisi-puisi Chairil Anwar. Sastrawan angkatan '45 memiliki konsep seni yang diberi judul "Surat Kepercayaan Gelanggang". Konsep ini menyatakan bahwa para sastrawan angkatan '45 ingin bebas berkarya sesuai alam kemerdekaan dan hati nurani. Selain Tiga Manguak Takdir, pada periode ini cerpen Dari Ave Maria ke Jalan Lain ke Roma dan Atheis dianggap sebagai karya pembaharuan prosa Indonesia.

Saya masih menggambarkan sosok Chairil Anwar dalam mengupas puisi semangat yang ia ciptakan, puisinya begitu elok dan sangat menguggah hati.  Dalam analisis Agus R. Sardjono, penyair terkemuka Bandung, sajak-sajak seperti "Krawang-Bekasi", "Persetujuan dengan Bung Karno", "Aku",  dan "Diponegoro" inilah yang justru di kemudian hari membuat Chairil Anwar menjadi legenda dalam dunia kepenyairan Indonesia. Hal itu dimungkinkan karena sajak-sajak ini bersifat sastra mimbar, untuk menyebut  jenis sajak-sajak yang bersifat sosiologis (yang berpretensi untuk menjawab atau menanggapi fakta-fakta sosial), dan biasanya dibaca dengan suara keras atau menyeru-nyeru, serta dengan tangan terkepal.Disinilah bagaimana puisi semangat  yang ia ciptakan bisa begitu memukau dan memberi energi baru secara harmoni.

Puisi semangat jelas bukan hanya bisa di ciptakan oleh penyair sekelas Chairil Anwar, Rendra atau lainnya. Kita juga bisa melakukannya asal kan punya kemauan untuk itu. Puisi semangat bisa menjadi motivasi tersendiri untuk membangkitkan gejolak yang mulai melemah. Saya sendiri sedang mencari ide untuk mencoba membuat puisi pemberi semangat, siapa tau bisa memotivasi teman-teman yang membacanya. Ditunggu aja ya ^_^

Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : puisi semangat hidup, blogs puisi semangat, puisi tentang semangat, puisi semangat pagi, kumpulan puisi semangat, puisi patah semangat, puisi semangat, puisi memberi semangat, puisi semangat kerja, puisi semangat baru, puisi pemberi semangat.