Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi anak-anak

Puisi anak-anak biasanya berisi hal-hal yang indah, menggembirakan dan menyenangkan. Puisi anak-anak ini biasanya juga tidak terlalu banyak menggunakan simbol yang sulit di pahami. Puisi anak-anak ini lebih di tekankan bagaimana menghadirkan ruang ekspresi yang menyenangkan bagi anak-anak. 

Kata-kata yang mengandung makna konotatif dan sulit di pahami sangat sedikit sekali di gunakan. Dalam puisi anak-anak, daya imajinasi mereka di harapkan mampu menelaah isi yang terkandung dalam puisi tersebut. 

Puisi anak-anak seperti ini akan lebih baik jika isinya mengandung unsur-unsur keceriaan sehingga pada saat anak-anak membacanya mereka akan menemukan keindahan-keindahan yang membuat gembira. Bisa juga puisi anak-anak tersebut berisi kisah-kisah kepahlawanan dan keteladanan yang mengandung nilai-nilai moril. Dalam membuat puisi anak-anak, isi atau pun pesan yang ingin disampaikan haruslah disuguhkan dengan sebaik mungkin sehingga anak-anak akan merasa senang pada saat membacanya.

Seribu Kembang Ditaman

Warna-warni nan elok di taman keceriaan
Bunga melati yang kemarin kutanam kini bermekaran
Semerbaknya mewangi menusuk hidungku

Ah …..kupu-kupu, jangan terbang tinggi-tinggi
Aku mau kau disini
Bermain telusuri hari
Kulihat jua disudut taman itu
Meong, si kucing imut
Berlari mengejar ekornya sendiri

Ibu ….. sebentar lagi bu
Aku mau bermain ditaman penuh bunga ini
Aku mau berlari mengejar kupu-kupu
Aku mau bermain layang-layang biar bisa terbang bersamanya

Ah mataku berat
Pelangi diujung bumi terasa menyusut kerut
Perlahan semua hilang tak lagi benderang

Terlelap diriku ditaman keceriaan
------------------

Tema puisi anak-anak diatas sangat sederhana. Tidak ada konflik didalamnya dan hampir tidak ada makna yang tersembunyi. Keceriaan warna-warna ditaman menjadi sesuatu yang di suguhkan dengan sangat gamblang. Puisi anak-anak sangat berbeda dengan puisi orang dewasa karena dalam puisi anak-anak tidak menghadirkan kerumitan-kerumitan yang hanya akan membuat anak-anak kebingungan memahaminya.


Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya: kumpulan puisi anak anak, puisi untuk anak, contoh puisi anak anak, puisi tentang anak, puisi untuk anak anak, puisi islami anak anak, puisi karya anak, puisi anak yatim, puisi pendidikan anak, puisi buat anak, puisi kesehatana anak, puisi anak soleh, puisi anak anak indonesia, puisi tentang anak anak, puisi bahasa inggris anak anak, kumpulan puisi untuk anak anak, puisi pendek anak anak, puisi persahabatan anak anak, puisi sunda anak.