Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Pendidikan Anak Indonesia

Puisi yang bertemakan pendidikan sepertinya sangat jarang di perhatikan, padahal pendidikan adalah sesuatu yang sangat fundamental dalam mencetak generasi muda yang cerdas dan berkualitas demi tercapainya pembangunan masyarakat Indonesia seutuhnya dan seluruhnya.  

Puisi pendidikan menceritakan aspek-aspek yang berhubungan dengan dunia pendidikan baik secara khusus maupun secara umum. Puisi pendidikan mencoba mengembangkan nilai-nilai yang terangkum dalam dunia pendidikan dewasa ini. 

Puisi pendidikan juga bisa menceritakan carut marutnya sebuah design atau pun pola mendidik dan mengajar dalam suatu metode tertentu yang di terapkan di sekolah.

Pemerataan pendidikan yang seharusnya bukan lagi sebuah slogan, bisa benar-benar di realisasikan ke dalam kehidupan yang nyata, sehingga pendidikan benar-benar mencerdaskan kehidupan bangsa dan bisa di rasakan oleh segenap lapisan masyarakat Indonesia. Simak selengkapnya Puisi pendidikan di bawah ini :


Doa anak kerikil


Sahut terpaut kering berderak
Menangkap hari berpelukan mesra dengan keringat pasir
Aku lah anak buruh
Suaraku bukan di bangku sekolah tapi di tepian makam
Penaku bukan diatas kerta tapi di tumpukan sampah

Matahari terbit
Dan aku melihat ribuan anak-anak lainnya
Tanpa pendidikan

Rinduku pada belaian guru
Bertemu di ujung harapan hampa
Mencela bumi di langit penguasa

Pada yang berdasi diatas sana
Kami manusia bukan binatang
Butuh pendidikan dan kasih sayang
Pun sesuap nasi di pagi hari
-------------

Puisi pendidikan diatas berisi kritikan terhadap sebagian jejak kehidupan yang potretnya masih begitu buram. Perbaikan dunia pendidikan di Indonesia masih terus di lakukan oleh pemerintah, dengan program-program dan perencanaan yang matang di harapkan pendidikan di Negara kita akan semakin membaik dari tahun ke tahunnya. Semoga puisi pendidikan diatas bisa memberi inspirasi bagi kita semua!