Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Tentang Lingkungan sekitar Tempat Tinggal

Puisi tentang lingkungan melukiskan keadaan lingkungan di sekitar tempat tinggal kita. Lingkungan yang asri dan nyaman membuat penghuninya betah tinggal berlama-lama. Kemarin saya menuliskan puisi tentang alam dan kali ini saya akan membuat puisi tentang lingkungan sekitar kita

Isu-isu yang berkembang seputar lingkungan masih cukup sering di bicarakan namun terkadang hal; itu hanya menjadi wacana yang tidak ada implementasinya sama sekali. Puisi tentang lingkungan menunjukkan kepedulian kita tentang pentingnya lingkungan hidup yang bersentuhan langsung dengan manusia. Puisi tentang lingkungan bercerita tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. 

Kita hendaknya selalu berusaha untuk melestarikan dan menjaga keseimbangan lingkungan disekitar kita, dengan demikian secara tidak langsung kita telah berpartisipasi dalam rangka membangun masyarakat tanpa merusak lingkungan yang ada. Kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan haruslah terus di tingkatkan agar terciptanya tatanan kehidupan yang selaras dengan alam. Simak selengkapnya puisi tentang lingkungan dibawah ini.

Panen Raya

Yang ku petik adalah emas
Buahnya yang menghijau di sudut pekarangan

Ranum warna pelangi terlukis di kulitnya
Nyanyian burung alam semesta tertawa

Ah kawan, tengoklah diseberang nan jauh disana
Air yang jernih terkelupas indahnya
Tak ada racun tembaga
Tak ada bius dari cerobong pabrik

Anak kecil tertawa membawa bendera
Seolah ucap pada dunia
Ini alamku masih perawan
Ini desaku ramah untukmu wahai kawan

Tertegun aku disini
Sepuluh tahun telah berlalu
Asap dunia kini melanda
Rumput hijau diganti beton angkara murka

Yang ada nyanyian knalpot dedengkot kota
Berebut riuh dengan angkuhnya
Yang ada air limbahnya
Meracun diri, periuk dan nasi
-----------

Puisi tentang lingkungan diatas semoga menggugah kesadaran kita untuk terus menjaga lingkungan ini. Planet ini milik kita, lantas siapa lagi yang kan menjaganya jika kita sendiri tidak peduli. Puisi tentang lingkungan bukan bicara tentang efek negatif dari pembangunan tapi bicara bagaimana pembangunan yang dilaksanakan tetap selaras dengan memperhatikan keseimbangan alam, diantaranya dengan melakukan tata kelola lingkungan yang baik dan berorientasi pembangunan yang ramah lingkungan.