Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Maaf "Atas Sebuah Kesalahan"

Tentunya kita manusia pernah berbuat salah dan khilaf. Kita manusia biasa yang teramat sering melakukan sesuatu hal yang mungkin menyakiti orang lain, baik disengaja ataupun tidak disengaja. Puisi maaf merefleksikan bentuk cara yang sederhana untuk memperbaiki sebuah keadaan yang tak semestinya.  

Puisi maaf mengarahkan akan satu tindakan kecil yang mungkin bermanfaat dalam menata kembali kesalahan-kesalahan yang terjadi. Dan yang terpenting adalah niat dari hati untuk sesegera mungkin meminta maaf jika kita telah berbuat salah.Kerelaan hati dan penerimaan akan sebuah kenyataan bahwa kita telah berbuat salah akan mengarahkan pada satu tatanan yang lebih ramah dalam menyelesaikan sebuah masalah.

Maaf adalah sebuah kata yang terpaut dengan keadaan yang tidak di inginkan. Maaf adalah sebuah kata yang dengannya akan terbentuk jalinan yang semula terlihat carut marut dan tak sejalan. Puisi maaf menceritakan banyak hal yang semestinya di ungkapkan secara gamblang dengan kosakata yang lugu. Puisi maaf telah menuangkan makna yang tertegun bimbang didalam hati. Puisi maaf mengeluarkan keegoisan akan sebuah keburukan yang pernah dilakukan.

Maafku Dengan Setulusnya

Doa selimut tidurmu........
yang aku tak pernah mengerti, sepantas apakah aku ini.

Sejauh yang ku tau, tiada selimut yang menembus selaksa misteri dalam hidupmu.
Ku tau ku tlah patahkan asamu, ku tau lilin dihati tlah padam karenaku.
Kini ku berdiri disini, diperbatasan sunyi sepi dan sendiri.
Harapku ada manisnya maaf darimu
Harapku ada indahnya asa seperti dulu

Saat kau pejamkan lembutnya keheningan

Sejauh apapun kenyataan, tak kan mengubah sejuknya pengharapan.
Dan kini, bila yang tertulis hanyalah khilafan
Sanggupkah tuk maafkan!
---------

Puisi maaf menggariskan bagaimana cara meminta maaf telah menemukan sekat-sekat berkarat yang tak sepadan jika harus dipupus hanya karena ego diri. Pun hasil akhirnya adalah tetap berujung pada si "DIA", tak seharusnya kita berputus asa. Puisi maaf melabuhkan harapan dan hasrat akan sebuah perbaikan dalam jalinan hubungan. Puisi maaf, dengan caranya sendiri tlah berusaha merajut benang-benang kusut yang tercipta selama ini.

Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : puisi minta maaf, puisi permintaan maaf, puisi maaf cinta, puisi mohon maaf, puisi minta maaf pada sahabat, puisi meminta maaf, kumpulan puisi maaf, puisi cinta maaf, puisi maaf sahabat.