Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Puisi Islam

Puisi islam dalam bentuk syair terkadang bukan hanya bernilai religius saja tapi juga mempunyai nilai sastra yang sangat tinggi. Karena memang demikianlah tujuan puisi islam dibuat oleh beberapa penyair islam.

Dalam beberapa karya yang pernah tercatat, kandungan yang terdapat dalam puisi islam atau sastra islam dapat berupa kekaguman terhadap diri pribadi Rasulullah, tengok saja petikan syair dari sepupu beliau, Al 'Abbas, yang mengarang syair tentang kelahiran Nabi SAW :

Kala dikau dilahirkan Bumi bersinar terang. 
Hingga nyaris pasak-pasak bumi tak mampu menanggung cahayamu.
Dan kami dapat terus melangkah lantaran sinar, cahaya, dan jalan yang terpimpin

Petikan puisi islam ataupun syair tersebut diatas tercatat di dalam kitab As Suyuthi, Husn Al-Maqshid, dan didalam kitab Ibnu Hajar, Fath Al-Bari. Puisi islam ataupun syair islami ini terkadang berisi sanjungan terhadap Rasulullah SAW:
Fama li 'aynaika 
in kultakfufa hammata
wama liqalbika
in kultastafiq yahimi
walau kau berusaha menahannya
dan hatimu resah gelisah
walau kau coba menghiburnya

Ayahshabush shabbu
annal-hubba munkatimun
ma bayna munsyajamin minhu
wamudhtharimi
Adakah orang menyangka
bahwa cinta itu tersembunyi
diantara yang mengalir deras

Nukilan syair ataupun puisi islam diatas diambil dari syair gubahan Al-Bushiri. Kecintaan kepada Nabi SAW ini diekspresikan oleh mereka dengan syair-syair yang mereka ciptakan. Jelaslah bagi umat islam, sosok Nabi SAW adalah samudera luas yang menjadi sumber inspirasi tulisan yang tak akan pernah habis sejak penulisan para ulama silam hingga kini.


Beberapa puisi yang masuk "waiting list" untuk di publish diantaranya : puisi agama islam, kumpulan puisi islam, puisi cinta islam, puisi religi islam, puisi tentang islam, puisi islam cinta, puisi islam tentang cinta, puisi perjuangan islam, kumpulan puisi islam anak, puisi keagamaan islam, puisi islam anak anak, puisi jihad, puisi tentang agama islam, contoh puisi islam, puisi pernikahan islam, puisi islam terbaik, puisi islami romantis, puisi anak anak islam, puisi religius islam, download puisi islami,